Jumat, 17 Juni 2022

PROFIL SMP 2 PAJANGAN

   



SMP 2 Pajangan merupakan salah satu sekolah menengah pertama negeri yang berada di Kabupaten Bantul. Sekolah ini terletak di Dusun Pajangan, Kelurahan Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. SMP 2 Pajangan didirikan pada tahun 1984 dengan bantuan dari Jepang. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar SMP 2 Pajangan mempunyai visi misi sebagai berikut. 

VISI
"Taqwa, Unggul, Terlatih, Berpijak Pada Budaya Bangsa" 

MISI 
1. Melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin 
2. Melaksanakan proses belajar mengajar dan bimbingan konseling secara ekfektif dan efisien
3. Memberdayakan SDM (Tenaga guru, Staf TU, Siswa, Orang Tua/Wali Siswa)
4. Mengadakan tambahan jam pelajaran (Les, Ekstrakurikuler) 
5. Melaksanakan pengembangan diri di bidang olahraga, seni budaya, sains secara umum dan khusus. 
6. Melaksanakan Keterampilan PKK, Batik, TI, dan bakat lainnya melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. 
7. Membiasakan jabat tangan sebagai awal pendidikan budi pekerti dan pengembangan diri. 
8. Mengembangkan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun)
9. Melaksanakan kegiatan 7K. 
10. Mengembangkan budaya mutu sekolah. 


Setiap kelas di SMP 2 Pajangan terdiri dari 6 rombel belajar. Saat ini di tahun 2022, jumlah keseluruhan siswa ada 550 siswa dengan masing-masing jenjang kelas kurang lebih 180 siswa. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yakni Kurikulum 2013. Tenaga pendidik di SMP 2 Pajangan berjumlah sekitar 35 orang. Selain kegiatan intrakurikuler, untuk menunjang minat dan bakat siswa SMP 2 Pajangan memberikan wadah melalui kegiatan ekstrakurikuler diantaranya voli, paduan suara, karawitan, PMR, sepak bola, dan basket. Adapun ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti siswa khususnya kelas 7 adalah Pramuka. 




    
Kegiatan belajar mengajar di SMP 2 Pajangan didukung dengan fasilitas yang cukup memadai seperti peprustakaan, laboratorium komputer, laboratorium sains, ruang seni, UKS, dan lain sebagainya. Orang yang berada lingkungan sekolah akan merasa  nyaman karena udara disini masih segara, lingkungannya hijau, dan ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. 

SMP 2 Pajangan terus berupa memberikan pelayanan pendidikan untuk semua siswa. Berpijak pada visi dan misi yang dimilki, beberapa program dicanangkan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai seperti kemajuan di bidang akedemik, bidang non akademik, serta membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.